Saturday, August 04, 2012

Open + Close : Alhamdulillaaah ^^

Alhamdulillahirabbil 'alamiin...
Thank you Allah atas semua berkah-Mu...

Lega sekali rasanya setelah melewati sidang terbuka hari Kamis tgl 2 Agt yg lalu. Memang sih, setelah mendapat kabar dari Sensei bahwa nilai saya sudah dimasukkan ke departement, rasanya saya menjadi lebih relax.
Hari rabu itu saya hanya latihan 1 x saja, lalu membaca list tanya jawab yang sudah saya susun, lalu membaca list pertanyaan dari Saito Sensei... Sisanya saya malah menyibukkan diri untuk merivisi thesis sesuai comment para examiner atau ngerjain proposal yg laen lagi :D

Catatan dari Sidang Tertutup :
1. Examiner saya ada 3 : Nabetani Sensei, Araki Sensei dan Saito Sensei. Pertanyaan paling banyak disampaikan oleh Saito Sensei. Sebagian pertanyaanya sudah saya antisipasi tapi ada satu pertanyaan yg di luar dugaan saya, meski akhirnya beliau tampak puas juga dg jawaban saya. Araki Sensei nanya cuma 2 pertanyaan, tapiii semua di luar dugaan saya (oh well!), bahkan yg kedua sangat general hingga saya sampai sempat berharap boleh menjawabnya pakai bahasa Indonesia hehehe...
Note to self : lain kali perlu rehearsal di depan teman yg beda bidang tapi masih beririsan supaya ada masukan pertanyaan.
2. Idola baru : Saito Sensei !! Bliau ini adalah satu di antara tiga dosen wanita di departement saya. Dan beliau ini satu2nya sensei wanita yang merupakan full researcher di dept saya, yg dua lagi adjuct professor alias alifiasi di research institute. Bisa dibilang sebagai makhluk langka lho! Sensei di Todai, cewek ! Imagine the competition! And she is so smart and so beautiful! Melihat bliao ini melecut semangat to be a good researcher ! :)

Catatan dari Sidang Terbuka :
1. Sempet bertanya2, untuk apa ya sidang terbuka ini kalo score saya udah submit? Ternyata oh ternyata, setelah sidang terbuka ini, para sensei meeting membahas nasib kami lulus tidaknya... ckckck.. plus, menentukan final score (jadi yg kemarin itu belum final score) huks... (info ini sy ketahui SETELAH sidang, halaaahhh)... naseb jadi angkatan pertama, serba bingung trus akhirnya ya udah lah kita jalani saja...
2. Sebelum presentasi dimulai, salah satu kohai saya sempat komentar, kok saya kelihatan tenang sekali,.. hehehe... saya cuma jawab sambil nyengir, "trus saya musti gimana donk" ... tapi memang, alhamdulillah.. saya merasa tenang, tidak grogi ataupun deg-degan... Sesekali saya merasa tangan saya dingin lalu saya berdoa.
3. Sensei yang datang buanyaaakkk ... fiuh... Ada 4 sensei yg nanya ke saya : Saito Sensei, Araki Sensei, Takahashi Sensei, dan Matsumoto Sensei... Alhamdulillah bisa saya atasi semuanya...

Note : adanya 2 kali sidang ini adalah peraturan baru di departemen kami, khusus untuk student di program IPADS, oktober entrance. Sy salah satu mahasiswa pertama di program ini. Untuk student reguler, sidangnya 1 x saja berupa sidang terbuka dengan presentasi 12 menit, tanya jawab 5 menit. Sedangkan yg saya alami adalah untuk sidang tertutup presentasi 20 menit + tanya jawab 40 menit, dan sidang terbuka presentasi 20 menit + tanya jawab 10 menit. Alhamdulillah sudah dilalui dengan baik :)

No comments: