Saturday, August 11, 2012

My Otsukare Party :)

*dicatat sebelum lupa :)

Pertama kali menghadiri otsukare party (diartikan sebagai "a job well done party") untuk senpai2 yang lulus adalah pada Januari 2011, setelah para senpai itu selesai melakukan final presentation dan menerima pengumuman kelulusan.
Saat itu saya tidak terlalu ngeh, hanya merasakan nuansa kelegaan dan melihat para senpai berkeliling mendatangi Sensei-Sensei dan melakukan toast. Hmmm saya pikir, itu adalah bagian dari budaya minum-minum mereka setelah bekerja keras.

Lalu akhir semester yang lalu, saya dapat undangan hadir di Otuskare Party lagi dan si om di lab bilang, "kamu musti datang dan belajar bagaimana itu otsukare party ..." Kalimatnya aneh buat saya, why should I learn about how to do a party??

Ternyataaaa.....
Setelah saya mengalami sendiri Otsukare Party untuk kelulusan saya, barulah saya bisa merasakannya. Bahwa party ini diadakan untuk memberi kesempatan bagi siswa untuk berterima kasih kepada semua guru-gurunya secara pribadi dan langsung, sekaligus mendapat encouragement dari para guru-guru dalam menjalani kehidupan selanjutnya. Inilah budaya turun-temurun itu...

Alhamdulillah nuansa ini sangat saya rasakan. Tanpa ada yang memberitahu... secara otomatis saya mendatangi setiap sensei dan melakukan toast dengan mereka (saya pakai juice, tentu saja) kemudian mengucapkan terima kasih kepada mereka atas semua kebaikan yang telah saya terima selama dua tahun ini lalu sang guru akan memberikan ucapan selamat atas kerja keras saya dan menanyakan rencana saya selanjutnya serta memberikan suntikan semangat kepada saya. Really enjoy and appreciate that!

Saya menikmati setiap obrolan dengan sensei-sensei itu dan terkesan dengan beberapa di antaranya, terutama dengan percapakan bersama Kobayashi Sensei. Kami ngobrol cukup lama dan saya banyak mendapat hal-hal menarik dari beliau. Mulai dari membicarakan rencana Ph.D saya, betapa "your husband must be a generous man" (indeed ^^), masalah PLTN, hingga impor kedelai.

Thank you Sensei, Thank you to all Professors !


4 comments:

Ilham said...

wow keren. mbaknya kuliah di jepang ya. salam kenal. :)

catatan-kecil-novriana said...

mbaknya ini gimana sih biar bisa adek follow blognya tanpa punya account si blogger? *ndeso pisan sama blog2an :D

Ranids said...

Salam kenal juga Ilham :)

Ranids said...

Waaah aku juga rada binging Deeek hehee... :p