Thursday, June 28, 2012

R

Baiklah... pada kesempatan ini saya ingin berterima kasih pada R.

R Project

R adalah sebuah software statistik open source, bisa di-download di sini : http://www.r-project.org/
Sejauh ini baru sedikit sekali saya gunakan, paling jauh baru multiple regression, hehehe... tapi alhamdulillah, kalau tanpa software ini, saya bakalan sudah gulung tikar dari 3 bulan yang lalu :D
Saya, si "pembenci statistik", mencoba untuk bersahabat dengan statistik, yang open source lagi !!

Saya "nekat" untuk belajar R karena menduga kuat bakal perlu statistik, tapi saya nggak punya software-nya sedangkan yang di kampus adanya JMP (belajar dari nol, nihongo pulak). Dan lagi, saya ogah pakai yang nonlegal. Lalu datanglah tawaran untuk ikut kelas R statistik ini, yang open source sehingga yakin ilmu ini bisa saya bawa pulang tanpa biaya. Maka saya pun sit-in saja, duduk manis belajar tanpa ambil kredit, diajar oleh Ninomiya Sensei yang begitu baik dan helpful. Baiklah, saya si "pembenci statistik" perlahan-lahan mulai menghapus rasa benci.

Masih harus banyak belajar...
Terima kasih open source!! Terima kasih R!! ^^

2 comments:

Yudi Kurniawan said...

Mantap...
Nanti pulang kampung ajarin ya :)

Maharani Dewi S. said...

hahahaha.... yuuud, kalo sampe multiple regression aja hayoook... lbh dari itu, mumet dhewe aku hehehe