Wednesday, May 11, 2011

Think Bigger

Kemarin topic diskusi di kelas bahasa Inggris (English Class) adalah “What’s important in your life”. Tiap siswa (8 orang Jepang, 1 orang Indonesia, 1 orang Taiwan) diminta untuk menyampaikan pendapatnya dalam bentuk essay dan kemudian menjelaskannya di kelas.

Hampir semuanya menjawab bahwa keluarga (Family) adalah hal yang terpenting, dengan cerita betapa sewaktu gempa mereka sangat memikirkan keselamatan keluarga mereka.

Tapi yang menarik adalah statement seorang kawan Jepang saya yang menyampaikan, bahwa setelah peristiwa gempa besar tempo hari, dia menyadari bahwa hal terpenting buatnya adalah hubungan dengan orang lain (relationship with people). Keluarga itu penting tapi kita tidak bisa hanya memikirkan keluarga saja, melainkan juga semua orang. Dan orang yang saat itu berada di dekat kita lah yang berpotensi menolong kita. Jika saat menghadapi gempa tersebut dalam keadaan sendiri, tentu sangat mudah untuk langsung panic, takut, dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Tapi ketika bersama-sama orang lain, kita bisa saling membantu dan menguatkan.

Ah.. Benar sekali. Dan saya melihat yang lainnya juga manggut-manggut.

……

Dalam pandangan saya, terjadinya bencana menyebabkan perubahan pola pikir sebagian besar orang (terutama kaum muda Jepang). Mereka jadi berpikir semakin mendalam, lebih menyayangi keluarga, sekaligus berpikir besar yaitu mengenai orang lain, bagaimana mereka dapat melanjutkan hidupnya serta apa yang bisa kita lakukan untuk orang lain. Bukan mementingkan diri sendiri. Disaster should make us think in a bigger view.

Sepertinya, Jepang akan segera bangkit dan menjadi bangsa yang lebih besar lagi dari sebelumnya.

No comments: