Thursday, February 03, 2011

Melatih Kesabaran

Ketika pertama kali mengetahui saya nantinya musti analisa sampel2 saya dengan TLC/FID, saya sudah pesimis dengan diri saya. Orang ngga sabaran macam saya ini musti handle micro-syringe dan melakukan spotting di satu titik yg musti selebar 1 – 2 mm?? Masya Allah, apa ya bisa ya saya. Benar-benar harus konsentrasi, hati-hati, dan sabar, karena kalau meleset atau terlalu banyak dalam melakukan spotting, hasil scanning-nya akan tidak terbaca dengan baik – sementara usul saya untuk analisa pake GC/FID telah ditolak ;p

Dan saya rasa-rasanya bukan orang yang cukup sabar untuk hal-hal printilan begini serta ngga demen sama yang ribet-ribet – yeah itulah salah satu alasan saya ngga beli iPhone di sini (selain ngga punya uang), yaitu saya ngga yakin bakal sabar meng-handle gadget yang touchscreen. Berdasarkan pengalaman, selama ini kalo saya terpaksa musti pakai HP suami, misalnya dia lagi nyetir dan minta tolong utk bales sms, ujung2nya adalah saya ngamuk2 krn salah pencet melulu dan nyerah dg HP touchscreen-nya diiringi ketawa-ketiwinya suami saya itu.

Dan kalau lagi di lab yg di kantor musti handle syringe buat GC-MS, duuuh musti ekstra konsentrasi dan kadang karena gak sabar dengan diri saya sendiri, yaah biarlah dek Amri yang inject sample-nya hihihi… betewe, di sini semuanya auto sampler untuk GC dan HPLC loh heheheh... ngiri banget deh pokoknya sama alat analisa yg lengkap banget di sini..

Tapiiiii... untuk TLC/FID, hueeeh... mana ada autosampler!! Yang ada adalah kita musti spotting itu sampel ke suatu titik pada rod, yang jumlahnya sekali scan ada 10 rod, 5 rod untuk satu jenis sampel. Jadiiii… kalau punya 10 macem sampel, yaaa musti spotting 10 x 5 = 50 kali!! Duh ngebayanginnya saya gemeteran, sanggup ngga nih saya ya?

Tapi semua pikiran ajaib saya itu berubah pada hari Selasa yang lalu, ketika saya menjalani on hand experience, alias bener2 spotting by myself. Saya spotting 4 sampel jadi 4 x 5 =20 kali. Alhamdulillaaah saya sanggup bersabar dan menurut senpai, spotting saya bagus, bahkan lebih bagus dari dia, dengan separasi yang lebih bagus di hasil scanning-nya. Saya sangat bersyukur dengan hasil tersebut.

Mungkin, salah satu tujuan Gusti Allah mengirim saya ke sini adalah… untuk belajar sabar ;)

No comments: