Monday, November 13, 2006

5 jam di Bandung

Haaah? Cuman lima jam? lebih lama perjalanannya daripada di Bandung-nya yaa :p

Hari Minggu kemarin, saya kebetulan ikut acara Biofuel Roadshow Jakarta-Bandung. Acara ini berlangsung atas kerja sama berbagai pihak untuk mempromosikan penggunaan Biofuel 5 %, yaitu penggunaan Biodiesel 5 % (B5) dan Gasohol/Bioethanol 5 % (E5). Selain itu, juga untuk lebih memperjelas ke masyarakat tentang apa itu Biodiesel dan apa itu Bioethanol... masih banyak yang suka rancu siih...

Banyak mobil yang ikut dalam acara ini, yang mesinnya diesel maupun yang mesin bensin. Mulai dari kendaraan berbagai instansi, wartawan dari berbagai media, perorangan, dan (ini yang paling seru!) club-club otomotif. Total 80-an mobil !! Waah berapa panjang yaa konvoi-nya? hehehe...skali-skali deh naik mobil dikawal Patwal :p Semua mobil full sticker (termasuk sticker sponsor, soalnya bahan bakar Biosolar dan Biopremium untuk mobil yang ikut dari beliau)

Photobucket - Video and Image Hosting

Bemo-bemo ini juga ikutan loh... tapi ngga sampe Bandung. Kendaraan roda 3 dilarang masuk tol :p

Photobucket - Video and Image Hosting
Club Renault juga ikutan. Yang depan itu mesinnya bensin (lucu banget ya mobil ituh, Megane), yang di belakang bermesin diesel, Scenic. Mereka ini termasuk orang2 pertama yang nyoba Biodiesel, di saat banyak orang ragu2, mereka nyoba dan pakai terus sampe skarang. bener2 pemberani dan sangat kritis! Rajin nanya ! Salut deh ama Pak Purbo dan kawan2 :)

Di sebelah renault itu Toyota Club, mobilnya paling banyak! dan sponsor pulak :p

Panjang juga konvoinya yaa... Mohon maap kepada warga Bandung yang kemarin rada keganggu, hehehe... tapi ini bener2 promosi yang bagus. Mudah2an dengan ini makin banyak yang mengerti dan pakai Biofuel :)

Sampai di Bandung, di kampus ITB, disambut ama tarian khas Sunda diiringi musik pakai angklung. Waah seru juga loh. Walopun panasss tapi anak2 itu tetep nari dgn smangat (itu ngga pake sendal, pdhl lantai lap. basketnya kan puanas ya..)
Photobucket - Video and Image Hosting

Naaah, yang tak kalah menarik adalah... penampilan perdana mobil hybrid-nya Toyata, yaitu Toyota Prius.
Photobucket - Video and Image Hosting

Aduuuh cakep banget mobilnya ya. Penampilan berbeda ama mobil sejenis keluarannya Honda. Dari segi mesin juga agak berbeda. Prius bisa dikatakan lebih hybrid daripada Civic Hybrid. Menurut penjelasan Toyota, Prius bisa jalan dengan full baterai sampai kecepatan 60 km/jam. Setelah itu baru mesin bensinnya jalan. Kalo di Civic, motor dan mesin jalan barengan. Waktu kap mobil dibuka... yaah semuanya dikotakin. jadi ngga bisa liat isinya. teknologinya masih rahasia kali ya. Mekaniknya juga belum ada di Indonesia. Waktu mobil ini mau diuji emisi di BTMP BPPT, ada beberapa setting engine yang musti diubah. Tapi mekanik di sini blum bisa, harus datengin mekanik dari Thailand. Yaaa...terpaksa mobilnya dibawa pulang lagi deh... mungkin lain kali :p Fiuuuh sayangnya kali ini saya gak sempet ikutan nyobain Prius deh, cukup nonton dari luar aja :)

Hmmm...meski cuman lima jam di Bandung (dari jam 12.00 mpe jam 17.00), capek di jalan, ngga rugi kok ikutan. Maju terus Biofuel !

For clean and renewable energy..........

No comments: