Wednesday, November 08, 2006

Maaf........

Suatu hari, kebetulan saya pas di dekat telpon ketika telpon itu berdering. "Haloo, slamat siang.."
"Siang Bu, kami dari xxxx... mau konfirmasi aja, bentar lagi tim ABC mau kunjungan ke situ," kata suara di seberang.
Wuaduh kaget saya, kok dadakan gini, biasanya ada surat resmi dulu kok... "Loh pak, ada kunjungan ya? kok mendadak? dulu sudah ada suratnya pak?"
"Sudah bu, sudah dikirim, sudah lama ngirimnya, dan ada yang nerima, " jawabnya dengan suara gusar.
"Gitu ya pak?" nada saya jadi meninggi. Habisnya, keseringan ada yang kunjungan ngga bilang-bilang, sampai kadang pekerjaan jadi keganggu. Lagian, kalo udah ada pemberitahuan, biasanya kita udah siap-siap. Ini gak ada tanda-tanda sama sekali. "Hmmm... oke deh pak, saya cek dulu.....Bisa saya minta nomer telpon Bapak?" Bapak yang di seberang itu menyebutkan nomornya, pembicaraan berakhir.

Ternyata oh ternyata.... surat pemberitahuan itu ada, dan udah diteruskan ke salah satu kawan saya, yang malangnya dia lupa!! Aduuuh, kita donk yang salah. Langsung kawan2 siap-siap, masang laptop, LCD proyektor dll. Saya segera angkat telpon untuk ngontak Bapak tadi. Wah kebayang deh diomelin. Mana orang2 penting lagi yang mau datang.
"Ehmm... pak, ternyata... suratnya ada. Mohon maaf sekali pak, kami lupa. Kami segera siap-siap," kata saya.
Eh ternyata Bapak itu ngga marah. "Oh saya minta maaf juga, mungkin pemberitahuannya udah terlalu lama jadi kelupaan." Lho kok dia jadi balas minta maaf hehehe... "Terima kasih sudah mengingatkan ya pak..." kata saya.

"Sudah beress... ngga kena marah, malah dia balas minta maaf," kata saya, kasih pengumuman.
"Emang kok, kalau kita minta maaf, orang lain tuh gak jadi marah loh..." kata seorang kawan.

Maka bermunculan lah kisah maaf-memaafkan itu...
"Aku pernah tuh, "kata temen saya, "lagi nyetir enak-enak... eh tiba-tiba ada yang nabrak dari belakang. langsung aku turun ndatangin mobil blakang. " Heeee kebayang pasti serem ni, temen saya kan orangnya tinggi gede gitu. "Ternyata taksi, sopirnya langsung minta maaf sambil nunduk-nunduk, katanya dia ngantuk banget.... Aku jadi kasian dan gak jadi marah. Dan emang setelah ku cek, mobil nggak seberapa kok. yaa ku pesenin aja, kalo ngantuk ya brenti aja dulu istirahat...."

"Kalo aku lain lagi, " cetus kawan saya yang lain. "Justru waktu itu aku yang nabrak orang dari belakang. aku lagi telpon, telat ngerem. aku langsung turun dan datangin orang itu. 'maaf pak, saya ngaku pak saya yang salah pak, saya ganti deh pak'.... yaa bener orang itu gak jadi marah, akhirnya ke bengkel bareng dan di bengkel malah jadi ngobrol. malah sekarang jadi temenan. belakangan orang itu bilang, 'tau ngga, habis ditabrak sampeyan itu, pas turun mobil saya tu udah mau marah besar. eeeh liat sampeyan langsung ngaku salah dan minta maaf, saya gak jadi marah deh' hehehe... malah nambah sodara deh..."

Terkadang, kita tak menyadari, betapa berartinya permintaan maaf yang terlihat sepele... seperti gak sengaja nabrak atau nginjak kaki orang...
Tapi terkadang, kata maaf terlalu mudah terucap, seperti basa-basi belaka.... seperti rutinitas saja... seperti tidak dari hati... seperti tak ada penyesalan..
Padahal kata maaf yang penuh ketulusan... tentu akan membuat perbedaan... di hatinya....


Maafin saya yaaa.... sungguh, maafin saya.....
I will do better.... sungguh, maafin saya..........

*

No comments: