Friday, May 19, 2006

Biodiesel di SPBU, such a dream come true

Menyambung postingan yang ini, hmmm…saya punya utang njelasin tentang Biodiesel yaa :)

Apa sih Biodiesel? Biodiesel adalah bahan bakar alternatif untuk mesin diesel, berupa alkyl ester yang terbuat dari minyak nabati or hewani. Aduh apa itu alkyl ester ya? Itu adalah suatu zat hasil reaksi antara minyak dengan alkohol. Alkohol yang umum dipakai adalah methanol, jadi nama yang sering dipakai untuk padanan Biodiesel adalah Methyl Ester.

Kelebihan biodiesel adalah ramah lingkungan, karena terbuat dari bahan yang terbarukan dan menghasilkan emisi yang lebih baik daripada minyak diesel/minyak solar yang terbuat dari minyak bumi. Bahan baku tersedia melimpah di Indonesia. Ada 40 jenis minyak di Indonesia yang bisa dipakai. Bisa minyak sawit, minyak kelapa, minyak jarak pagar, dll, tergantung potensi daerah masing-masing. Jadi, tiap daerah bisa mandiri secara energi.

Selain itu, Biodiesel juga punya cetane number yang lebih tinggi dari minyak solar, bisa mencapai 62 (minyak solar sekitar 50 sajja). So, pakai biodiesel bikin pembakaran lebih oke, tarikan lebih kenceng, suara lebih anteng, bau knalpot lebih wangiiiiii seperti kentang goreng hehehe…

Photobucket - Video and Image Hosting
seperti ini loh penampakan Biodiesel.....

Merusak mesin apa tidak sih? Pertanyaan standar nih. Jika biodiesel yang digunakan telah memenuhi standar yang berlaku (kita sudah punya SNI tentang Biodiesel loh, bisa download di sini), maka pemakaian Biodiesel aman untuk mesin. That’s why memiliki standar dan mengawasi pelaksanaannya sangat penting untuk kelangsungan energi alternatif ini.

Nah, jika tak ada aral melintang, Insya Allah tanggal 20 Mei 2006 besok Pertamina resmi memasarkan produk barunya yaitu BIO SOLAR, yang merupakan campuran B5 atau campuran Biodiesel 5 % ditambah minyak solar 95 %.

Akhirnya ! Seperti mimpi yang jadi kenyataan !!!

Well, dalam beberapa bulan terakhir ini memang Biodiesel menjadi topic hangat di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Perkembangannya cukup cepat.Hal yang baik? Tentu, hehehe…berarti sosialisasi berhasil donk yaaa. Alhamdulillah :) Implikasinya ya, pastinya musti kerja lebih keras. Hmmm jadi ingat sekitar empat tahun lalu kalau kita pameran tentang Biodiesel, adaaa aja yang ngetawain. Siapa sangka ya, harga minyak melambung begitu tinggi hingga orang melirik energi alternative.

Selain makin ngetopnya ditandai dengan seringnya kemunculan berita tentang Biodiesel, juga ditandai dengan banyaknya email, telepon, or tamu yang datang ke kantor. Akibatnya ??? hehehe…kalau dirata-rata, tiap hari waktu yang saya habiskan untuk menerima telepon dan menjawab email plus nerima tamu terkait bisa 4 jam !! Baru saya tu, belum kawan-kawan yang lain....uopsss....

Kadang-kadang sampai kepikir “Aduuh trus kapan kerjanya yaaaa…." belum lagi melayani special order dari para Big Boss…. Kalau udah gitu pengen rasanya teriak “Aaaaagrrh…I miss my engineering works!!!” But finally tentu sajah, daripada ngabisin waktu buat teriak mendingan waktunya dipake buat ngerjain special order and else tadi biar cepet selesai n bisa cepet-cepet ngerjain yang lain, trus bisa browsing-browsing, trus buka email, trus blogwalking, even pulang lebih cepet deh daripada biasanya ;p

Anyway Anda bias mendapatkan produk BIO SOLAR ini di 3 SPBU milik Pertamina, yaitu di Jl Minang Kabau, Jl. Industri, dan Jl. Kapt. Tendean (moga2 saya gak salah sebut). Sayang sekali untuk kali ini Pertamina baru bisa memasarkannya di Jakarta saja. Untuk daerah lain? Mudah-mudahan segera :)

Finally, saya pengen ngucapin selamat buat Pak Tatang of ITB, kawan-kawan semua di Forum Biodiesel Indonesia, dan tentunya teman-teman EC, atas perjuangan bersama iniy (oooch terharuuuu…..hiks hiks). And masih banyak pe-er yang kudu diseleseikan…..

Selamat mencoba Biodiesel yaa………..


For clean and suistainable Energy :)

Photobucket - Video and Image Hosting
foto kebun sawit yang cantik ini...maap saya lupa source-nya...

No comments: