Saturday, August 06, 2011

Saling Menjaga

Minggu lalu saya menghadiri meeting bareng pak guru dan pak guru senior, dan 3 orang lainnya. Dalam meeting itu, tamu kami (sebut saja Paman), yg tak lain adalah mitra kerja kami di Indo, menjelaskan ttg project Biofuel-nya bersama kedua perusahaan lainnya, yang saya termasuk dalam tim yg mendesain pabrik biofuel-nya.

Presentasinya sangat menarik dan profesional (tentu saja, project ini bisa dibilang project ramah lingkungan yg mengangkat nama perusahaan di mata klien2 mereka) dan tentunya itu materi ini telah beberapa kali beliau bawakan. Beliau tak lupa menyebut nama saya ketika menjelaskan tentang desain prosesnya (hehehe sangat baik hati). Kemudian ada satu bagian presentasinya yg menyatakan bahwa terdapat (sedikit) masalah dalam pengoperasian pabriknya, karena ada salah pemasangan salah satu alat berupa valve.

"Hmmmm?" saya terkejut (soalnya kondisi ini pertama kalinya saya dengar). "Hmmmm?" pak guru juga mendehem sambil melihat ke saya. Tentu saja saya malu. Dan tahukah anda, si Paman bilang, "Itu salah pemasangan saja, tak ada masalah dengan desainnya. Desain ok.". Pak guru manggut2. Dan presentasi dilanjutkan.

Waah, saya sangat berterima kasih. Meskipun tentunya kalau ada kesalahan, seminor apapun, saya sebagai anggota tim tentu salah juga, tapi si Paman telah bersikap "menyelamatkan muka saya di depan pak guru dkk" sehingga walaupun dia telah menyampaikan kondisi sebenarnya tapi dia tidak mempermalukan saya di depan umum.

Saya merenung-renungkannya dan menjadi teringat materi pengajian Tarhib Ramadhan dari Ustadz Salim A. Fillah di Masjid Okachimachi, Tokyo tempo hari. Salah satunya adalah tentang saling menasihati. Bahwa adabnya adalah menasihati di saat sendiri, bukan di depan khalayak, karena nasehat di tengah khalayak adalah hinaan. Jadi intinya adalah bagaimana kita saling menjaga kehormatan saudara kita.

Ah.. indahnya... semoga saya selalu bisa mengamalkannya...

2 comments:

khairil.amri said...

desain bener, pasang keliru, mau dibenerin segera.. sebenarnya dah tau dari awal, tapi Heating Oil sudah masuk, repot bongkar lagi, dicoba proses masih bagus..kontrolnya bisa diatur di SOP. tapi base on design, still wrong, we have to professional..begitu ceritanya mbak yu..besok kukirim keluhan2 KMSI, untuk sharing aja. jgn terlalu dipikirin ya mbak, aman disini...hehehe

Maharani Dewi S. said...

ahak ahak,.. Amri serius banget deh... kan tema tulisan ini bukan ituuu... tp ttg saling menjaga kehormatan org lain :))
tapi ngga papa juga itu dikirim, biar aku ngga terkaget2 lagi hehehe... arigatou ;)