Wednesday, January 05, 2011

Koleksi Propinsi :)

Baiklah, untuk menghibur diri, marilah kita mengganti topic menjadi Koleksi Propinsi.

Saat ini, Indonesia punya 33 Propinsi. Berkat kegiatan Road Test jawa-Sumatera dan Jawa-Bali yang pernah saya jalani (tour of duty ceritanya), saya berkesempatan mengunjungi banyak propinsi. Mari kita lihat seperti apa koleksi yang telah saya dapatkan.

Di Pulau Jawa :
1. Daerah Istimewa Yogyakarta, sudah pasti, dengan semua kabupaten dan kotamadya.
2. Jawa Tengah, semua Kabupaten dan Kotamadya udah pernah saya datangi, minimal dilewati pas jalan2, KKN, jalur mudik, roadtest, dll.
3. Jawa Timur, hampir semua sudah saya jamah, kecuali beberapa kabupaten di Pulau Madura
4. Jawa Barat, hmmm… agak ragu2, mungkin ada dua atau tiga kabupaten yang belum sempat lewat ya… musti dicek lagi neh… apakah Indramayu, Majalengka udah pernah belum ya…
5. DKI Jakarta, oh no!!! gawaaaatttt… ternyata saya belum pernah ke Kabupaten Administratif Kep. Seribu :(
6. Banten, ini juga masih banyak Kabupaten yg belum disambangi hmm… tapi sebagian udah lah, apalagi saya ini kan (calon) warga Banten hehehe…

Pulau Sumatera yang belum tinggal propinsi Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam, sedangkan yang lainnya Alhamdulillah sudah :
1. Lampung, tepatnya pertama kali saya kunjungi tahun 2003, pada saat perjalanan darat dari Jakarta ke Pekanbaru.
2. Sumatera Selatan, sama dg di atas, utk ke Pekanbaru kan musti lewatin Sumsel dulu hehehe.. plus tahun 2008, ada tour of duty lagi ke tempat ini )
3. Bengkulu, Alhamdulillah, propinsi yg eksotis ini saya kunjungi tahun 2009.
4. Sumatera Barat, Alhamdulillah saya senang sekali berkunjung ke Sumbar nan sejuk, indah, segar... tahun 2003 saat menuju Pekanbaru, kemudian berkunjung lagi di tahun 2007 saat main ke Bukittinggi.
5. Jambi, propinsi ini saya kunjungi tahun 2003 dan 2004, keduanya dalam rangka perjalanan darat dari Pekanbaru ke Jakarta. Kunjungan kedua sangat berkesan karena pas siang hari, Nampak sekali pemandangan cantik, daaan saya sebagai driver.. tanjakan dan tikungannya menantang banget!!
6. Riau, propinsi ini sudah beberapa kali saya kunjungi sejak 2003 hingga 2007, Alhamdulillah :)

Propinsi Kep. Riau belum pernah... waduuh, ke Batam, yok ke Batam ;p
Propinsi Bangka Belitung belum dikunjungi, dan ini sangat potensial untuk menambah koleksi propinsi sekaligus pulau, hmmmm…. *thinking… ;p

Pulau Kalimantan, baru pertama dan satu-satunya adalah Propinsi Kalimantan Selatan tahun 2009 dan 2010. Yang lainnya, sayang sekali belum pernah.
Propinsi dan Pulau Bali, ini saya kunjungi saat masih SD kelas 3 serta tahun 2004.
Indonesia Timur?? Masih nol besar, hiks...

Jadi total propinsi yang sudah saya koleksi adalah 14 propinsi dari 33 propinsi di Indonesia = 42,42 %. Yah dibandingkan presentase koleksi pulau terhadap jumlah total pulau (haduuuh 6/17508 = ga tega ngitungnya...), prestasi saya membaik.

Next??
Ayo keliling Indonesiaaaaa!!! :)

No comments: