Friday, November 05, 2010

Refleksi Satu Bulan.... (1)

Subhanallah....

Alhamdulillah... tanggal 4 November,tepat satu bulan saya menjalani 'petualangan' baru ini... menjelajahi belantara Tokyo dalam keadaan nyaris 'buta huruf dan bisu tuli', alias kemampuan Nihongo yang pas-pasan.. Sungguh sangat bersyukur, karena dengan segala keterbatasan, alhamdulillah Allah memberikan kekuatan dan mengulurkan tangannya dengan memberi saya berbagai kemudahan dan pertolongan, dengan berbagai cara... Subhanallah...

Tapi hal pertama yang ingin saya catat di sini adalah tentang menjalankan ibadah... Hal ini menjadi topik dalam kajian Todai Muslim yang pertama kali saya ikuti bulan Oktober yg lalu, yg memang diadakan utk menyambut kami2 yg baru datang. Hal2 yg diingatkan dalam kajian tersebut adalah hal-hal yg sederhana, tapi menjadi nampak agak rumit karena sekarang berada di negara yg mayoritas non-muslim.

Alangkah bersyukurnya saya selama ini, dan juga saudara2ku muslim yg ada di indonesia sekarang... Tiap hari bisa mendengarkan adzan, waktu sholat tersedia dgn fleksibel, mau wudhu ada tempatnya dan melakukan wudhu juga hal yg tampak wajar, sholat ada tempatnya, dan melakukannya tidak akan dipandang aneh, memakai kerudung juga tidak ada larangan (alhamdulillah di sini juga tidak dilarang tapi kadang dilihatin sama anak2 kecil ;p), makanan halal insya Allah tersedia di mana-mana... sungguh karunia dan nikmat yang patut disyukuri setiap hari...

1. Waktu sholat.
Hal yang jelas berbeda, karena di negara subtropis tentu lain dgn di Indonesia utk saat matahari terbit dan tenggelamnya. Dan tidak ada adzan berkumandang!!! Jadi harus ingat2 bener jamnya. Menjadi tantangan tersendiri untuk melakukan sholat tepat waktu, terutama untuk sholat dhuhur, ashar, dan maghrib. Terkadang ada kelas, atau sedang perjalanan, sedang diskusi, zemi, meeting... yg tak bisa serta serta di sela untuk sholat seperti halnya di Indonesia. Hari ini waktu maghrib jam 4:43, isya jam 6:05 hehehe... keren banget ya, jam 5 udah gelap :p Hal terbaik adalah pergi setelah sholat, tapi hal tersebut belum tentu bisa kita lakukan... Hingga terkadang jika akan pergi ke tempat yg cukup jauh, yg blm pernah saya datangi (hahaha... ya kalo ini sering buanget lha wong masih buaru benerrr) shg tdk terbayang situasinya nanti, saya pentingkan untuk menjama' daripada kehilangan. Waktu sholat saya dapatkan di website ini.

2. Wudhu.
Kalau sedang di kampus, tidak terlalu bermasalahsih. toilet banyak dan biasanya sepi sehingga tdk akan dilihat aneh. tapi manner tetep kudu diperhatikan, maksudnya air jgn berceceran, kalo berceceran ya dilap. terus, cuci kaki juga perhatikan manner. kalo sendirian sih ok, tapi kl bnyk org masak angkat kaki ke wastafel? bisa dimarahin banyak orang. Alhamdulillah dalam kajian diberi solusi dari senior ttg tips wudhu terutama kalau di luar kampus (di mall, di taman, dll). Pertama, sebisa mungkin menjaga wudhu, maksudnya seblum berangkat udah wudhu dulu dan selalu memakai kaos kaki bersih. Kedua, kalaupun batal, maka wudhu seperti biasa (tanpa membuka kerudung kalo tdk memungkinkan, diusap dari depan), lalu membasuh kedua kaki bersamaan 1 x saja tanpa membuka kaos kaki. alhamdulillah, sangat membantu :)

3. Mendapatkan tempat sholat.
alhamdulillah, saya di kampus mendapat cubical yg letaknya di pojok dan cukup luas sehingga leluasa untuk sholat. tapi kalau lagi di luar kampus, nyari di mana ya? Alternatif yg disampaikan 1. Fitting room di Mall (horeee... yg ini sudah saya praktekkan dg sukses, alhamdulillah) 2. Ruangan tempat menyusui (di mall jg bnyk, dan di sini bnyk mall hehehe) 3. di depan tangga darurat di lantai paling atas 4. di taman 5. di ruang karaoke 6. syukur2 di dekat situ ada masjid atau mushola (penting sblm pergi utk cari info dulu via internet). Penting : bawa sajadah tipis biar bisa masuk tas n dibawa ke mana2 :)

4. Arah Kiblat
Bawalah kompas kalau belum hapal arah mata angin, susah lagi ngapalinnya...(naaaah kalo keitai-denwa belinya I-Phone, bisa download aplikasi kompas dll, sayangnya HP saya bukan I-Phone loh, jadi bawa kompas biasa ajah :p)

5. Melaksanakan sholat
Ini hal yang membutuhkan mental kuat tentunya kalau kita terpaksa sholat di taman atau tempat terbuka lainnya :) kalau ini telah teratasi, tentunya semua seperti yg telah biasa kita lakukan :)

6. Puasa ramadhan
Nampaknya ini juga akan menjadi tantangan tersendiri... biasanya kalo di Indonesia, di mana2 ada tarawih... di sini mungkin musti perjalanan jauh, baru bisa tarawih berjamaah. belum lagi tahun depan puasanya akan jatuh di summer sehingga waktunya akan cukup panjang :) gambarimasyooo :)

6. Halal food & drink
Buat yg masih lumayan buta hurup kyk saya, agak repot kalo beli makanan di luar. Sekali dua kali nanya2 ke yg jual bisa aja, tapi kalo berkali2 lama2 yg jual jadi sebel juga (pengalaman pribadi ni mungkin pikirnya : ini orang rese banget nanya2), sedangkan keterangan ttg ingredients makanan pada kemasan semuanya pakai huruf jepang (katakana/hiragana/kanji). Apalagi kalo belum punya alat2 masak. Penting banget menghafalkan kata2 tertentu yg memang dilarang atau meragukan seperti yang di website ini bisa dihapalin (haduuuuuh belum juga hafal niiih... pokoknya bulan ini harus sudah bisa!!!! amiiiin ;p). Yang ini juga sgt berguna. Alhamdulillah... setelah bersabar selama sebulan, kemarin saya nyampe juga ke Toko Indonesia, di daerah Okubo. Bisa beli daging halal, cabai, berbagai bumbu khas Indonesia, dan berbagai produk khas Indonesia maupun dari negara lain yg halal.

Buat para senior, mas dan mbak yg baek2, matur nuwun terima kasih domoo arigatou gozaimashita atas tips-tips dan saran-sarannya.

Ok. Tetap sehat dan semangaaaaatttt :D

No comments: