Thursday, March 31, 2005

(Tak) Berbalas SMS

Sebuah nada terdengar dari ponsel saya. Oh, ada sms rupanya. Saya meraih HP dan membuka SMS yang baru masuk tadi, dari sebuah nomor yang rupanya tidak ada di address book saya.
“Ran, si D…. lg di UP ga? Soalnya aku lg di UP nih,” begitu isi SMS-nya.
Waduh, dari siapa nih yaa? Kalo dilihat dari nama, kota yang disebut, dan nada smsnya yang akrab sih saya kira dia salah satu teman lama. Berhubung engga tau siapa, maka saya tanya si pengirim SMS, “Maap, ni sapa yaaa…”
Tanpa disangka dia membalas, “Huh, sombong lu, kn dl dah prnh kukasih tau.”
Haah?? Sapa ni, tau-tau ngatain ‘sombong’, pikir saya. Tapi saya jawab juga sih
“Masak sih dh prnah kasih? Kok ga ada y? Maap deh kl aku lupa, tp ni sapa yaa…”
“Huh, emang dasar sombong, kl blm prnh kukasih tau y kukasih tau. Tp km dh prnh kuksh tau jd ga kan kuksh tau lagi!” itu balasannya.
Waaah! Galak sekali (dan bagi saya, kasar sekali :p). Saya cuma bisa geleng-geleng kepala. Heran, padahal saya sudah tanya baik-baik, pakai kata-kata yang sopan, kok ditanggapi semacam itu yaaa… hmmm… Di jaman ini, yang namanya ber-SMS memang sudah bisa dikatakan hal yang umum. HP relatif terjangkau harganya, operatorpun macam-macam bisa pilih sesuai selera. Tapi yang namanya ‘etika’ atau katakanlah ‘permakluman’ dalam ber-sms, wah sepertinya tidak semua sepaham yaa.

Dalam hampir tiga tahun bergaul dengan SMS, rasanya sudah macam-macam hal yang saya alami atau saya dengar dialami teman, baik menyenangkan maupun menjengkelkan.
Mulai dari SMS penyemangat hari dan penyejuk hati, sampai SMS dari orang tak dikenal yang ternyata dapat nomer HP saya secara ‘illegal’ (pelajaran SaTu : jangan sembarangan kasih nomer HP ke orang lain tanpa ijin yang punya, daripada disalahgunakan cuma buat iseng ngabis-abisin pulsa wakakakak…). Mulai dari kabar gembira kelahiran ponakan sampai kejutan di pagi hari untuk segera rapat di tempat yang jauhnya tak kurang dari dua jam perjalanan.

Pernah saya diomel-omelin seseorang gara-gara lambat membalas SMS-nya. Yang dia tidak tahu adalah sedang apa saya saat itu : tangan saya sedang berlepotan minyak karena kebetulan sedang kerja di Lab. Mana mungkin saya pegang HP, huuh bisa lumer deh, or kena bahan kimia! Dasar ga sabaran lu, hehehe… Atau disms, lalu dimiskol-miskol berkali-kali, padahal tahu tidak sih, saya lagi ngetik sms balasannya, jadi keputus-putus deh… Lain lagi, disms, tapi lagi ga bisa bales karena…pulsa abisssss! Nah! Lain waktu, baterai habis, hahaha… Ataupun, waktu SMS masuk sedang meeting penting, jadi ga bisa langsung balas (pelajaran DuA : sabar dooonk, kita tidak tahu yang di seberang itu keadaannya gimana. Kalo ga sabar, yaaa…ditelpon aja, hehehe). Harap maklum, itu kata kuncinya.

Suatu kali, ketika sebuah gempa dahsyat baru mengguncang bumi Aceh, saya teringat seorang sahabat yang saat itu setahu saya kadang ngejob di sana. Maka daripada kepikiran, saya sms dia, “Habis gempa d Aceh gmn? gpp kn? Smua baik2 aja? Km lg dmn?”
Selang beberapa waktu tibalah balasannya, “Alhamd baik2 aja.”
Hmghhh…saya menahan tawa. Tahukah anda, teman saya tercinta ini kami kenal sebagai orang yang paling males ngetik SMS (bahkan pernah dia bilang, mending miskol aja ntar kutelpon hehehe). Jadi, meski saya mengharapkan jawaban yang lebih rinci tentang kabarnya, tak urung saya bersyukur dia baik-baik saja, and tentu saja, saya menghargai betul usahanya mengetik dengan susah payah tiga kata yang berharga tadi, hahaha….

Lain peristiwa, ketika janjian dengan seorang sahabat, saya SMS dia untuk memastikan jadi atau tidak acara jalan-jalan besok, “Gmn, bsk jd ga?” ketika muncul balasannya, “Jadi” wah, saya mengerutkan kening juga. Lho, ada apa nih, ga biasanya teman ngobrol saya ini kasih jawaban yang super pendek begitu. Betul-betul anomali. Tapi, walau masih bertanya-tanya, saya biarkan dulu sih, ngga terlalu saya pikirkan. Malamnya dia telpon dan cerita bahwa tadi siang pekerjaannya blablabla…sibuk sekali dan penuh tekanan, sambil menekankan ‘pokoknya acara besok jadi loh!’. Saya tersenyum dan membatin, “Oh itu toh penyebab SMS super singkat tadi.”

Kali lain saya kirim SMS ke seorang teman, “Aku kirim imel, tlg buka ya, pntg”. Tak lama muncul balasan, “Ini siapa ya, sorry dab”, yang segera kujawab, “Ini Rani loh..” Jawabnya, “Wah sori Ran, HPku model lama sih jd kdg ada nmr2 yg trpksa dhapus hehe…” Nah, ini baru berbalas SMS yang penuh tenggang rasa dan toleransi, hahaha…

Pernah pula, lagi tidur nyenyak, saya dikagetkan nada SMS dari HP saya. Wah, siapa nih malam-malam? Mana kepala saya lagi pusing banget. Saya baca SMS itu lalu kembali tidur. Yang jelas, SMS yang dikirim tengah malam begitu tak mungkin mengharapkan balasan :p

Pada suatu hari menjelang libur panjang, saya mengirim SMS pada beberapa kawan, “Hai, longweekn mudik ga?”
Si A yang pertama menjawab, “Mudik donk, tapi ga ke yk hehe..”.
Satu lagi berbalas dari Si B, “G mudik ni, bosku mudik aku jaga kntr :(”
Yang lain menyahut, “Aku dh d yk lho!”
“Mau yg bln dpn aja dh!” balasan si D muncul.
Tapi dari satu makhluk tak jua berbalas. Saya kira tak kan dibalas, sampai muncullah jawabannya sore hari, “Mudik ntar Jumat pagi”.
Saya tersenyum. Terima kasih buat pembuat teknologi SMS yang bisa mendekatkan kami-kami yang terpisah ratusan kilometer.

*Disertai segala permohonan maaf karena ada kata-kata yang tertulis dalam singkatan-singkatan ‘bahasa sms’ :)

Wednesday, March 09, 2005

Belajar Nyopir Mobil

Ada sebuah program besar yang saya anggap belum sukses, yaitu mengajari adik saya menyetir mobil. Heheh.. boleh tertawa, tapi coba deh, pernah punya pengalaman ngga sih menjadi instruktur belajar nyetir? Susah susah gampang !

Tugas ini sebenarnya berawal dari kepindahan saya dari kota kelahiran Yogyakarta tercinta. Jabatan ’sopir pribadi’ buat Bapak Ibu terpaksa saya lepas, dengan konsekuensi…cari penggantinya toh. Kandidatnya yaa...siapa lagi kalau bukan 'urutan berikutnya' : Vierta (itu namanya). Hmmm... berarti sudah hampir 3 tahun loh program ini tersampir di pundak saya, tapi kok belum berhasil juga ya membuat adik saya itu jago nyetir.

Tapiiii...biar sudah dimodali dengan kursus nyetir (maksudnya biar lebih Pe-De gitu), trus udah dibuatin SIM A, eh...sampai sekarang masih belum berani juga bawa mobil sendiri. Sebenarnya ada dua hal soal berani tidaknya bawa mobil : yang pertama ada keberanian dari yang nyetir alias Pe-De apa engga bawa mobil, yang kedua ada kepercayaan dari yang punya mobil. Nah, kalo tidak pernah dilatih nyetir, yang punya mobil kan jadi kuatir kenapa-napa di jalan. Jadi suka dilarang-larang bawa mobil. Alhasil, yaaa... ngga pinter-pinter deh nyetirnya.

Salah satu solusinya, tampaknya saya harus lebih sering pulang kampung untuk jadi instruktur, hehehe... Soalnya adik saya itu masih belum berani latihan sendiri, kudu ditemani. Ditemani aja masih suka lupa membedakan gas ama rem, kan gawat tuh. Jadi, tiap pulang kampung, kalo ada kesempatan, sudah jatah saya nemenin dia bawa mobil. Terakhir kali, Vierta udah saya nyatakan lulus bawa mobil di traffic light, ngga lagi mati mesin ataupun panik. Lewat polisi tidur ngga nyendal. Keluar masuk garasi udah lancar. Yang belum bisa : parkir dan nyebrang jalan. Aduuh, padahal ini komponen penting kan. Masak mau jalaaan.. terus, ngga berhenti; beloknya ke kiriiiii... mlulu, aduuuh...

Ngebut itu paling gampang!” itu selalu saya bilang ke ’murid’ saya ini. Tentu saja, asal tahu yang mana gas, udah bisa ngebut. Itu sama sekali tidak menunjukkan kelihaian seseorang dalam menyetir. (Apalagi kalau ugal-ugalan, uh...kliatan banget deh baru bisanya, hehehe...) ”Yang susah itu, kamu bisa jalan pelan-pelan, misalnya baru ngantri di rel kereta, tapi mesin kamu ngga mati dan kamu ngga nabrak mobil di depanmu!”
”Oooo... gitu ya,” katanya sambil manggut-manggut.

Siapa ’guru’ nyetir saya? Terutama adalah Bapak saya. Wuih, kalo lagi ngajari, aduh banyak sekali aturannya dan uh, galak! Hehehe… Tapi, semua ‘undang-undang dasar’ yang dibuat Bapak saya itu, saya akui memang betul dan membangun kebiasaan untuk berkendara dengan aman. Di antaranya ini :

  • Pastikan duduk nyaman, majukan kursi supaya letak pedal gas, kopling dan rem terjangkau, dan betulkan posisi spion pas dengan kita
  • Kalau mau belok atau nyalip, harus pasang lampu sen sejak minimal 20 m sebelumnya
  • Wajib kontrol kendaraan di belakang dengan melihat spion tiap 30 detik (kira-kira), terlebih lagi jika mau belok/nyalip sangat wajib lihat spion
  • Bayangkan letak roda dan ukuran mobil, sehingga terbangun ’feeling’ ketika parkir, menyalip, ataupun melalui jalan sempit.

Nah, kalau jaman sekarang, ditambah aturan wajib pakai sabuk pengaman. Aturan dasar ini memang harus jadi kebiasaan, tapi soal ’feeling’, itu berhubungan dengan sering tidaknya pegang setir. Makin sering, makin sip feelingnya.

Oke, saya punya POP QUIZ (ini kuis dari kakak ipar saya loh). Sopir yang baik adalah sopir yang jarang menggunakan rem. Kenapa begitu??
Nah, nah, pertanyaan sederhana tetapi....
Untuk kenyamanan penumpang donk!” jawab saya seketika. Eh, saya ini sangat memperhatikan penumpang saya loh, kalo penumpang bisa tidur nyenyak ketika saya nyetir berarti dia percaya 100% pada kemampuan menyetir saya hehehe...
”Itu bukan alasan utama,” katanya geleng-geleng kepala.
Hemat kanvas rem!” seru saya.
”Iya betul, tapi itu bukan terpenting,” jawabnya sambil semyum-senyum. Wah apa ya ?
“Udah? Nyerah?”
“Iya deh! Apa jawabnya?”
“Sopir yang jarang mengerem, menunjukkan dia pandai menjaga jarak aman. Dia antisipatif terhadap kendaraan di sekitarnya. Tidak perlu mengerem, kurangi gas saja. Begitu loh!”
Hmmm...bener juga yaa... Jangan seperti sopir angkot, yang suka mengerem mendadak itu, hehehe...

Drive savely everybody....someone is waiting for you at home....

Thursday, March 03, 2005

Tisu dan Hexos

“Permen, tisu… permennya mbak…,” begitu pedagang asongan menawarkan bawaannya. Sebenarnya tidak cuma ada permen ataupun tisu, masih banyak lagi. Ada rokok, geretan, cemilan. Umumnya mereka membawa barang dagangan dalam kotak bertali (untuk menggantungkannya di leher) yang dirancang untuk bisa membawa permen dan konco-konconya dengan rapi (kalau rapi kan yang beli jadi enak milihnya), tapi tidak merepotkan untuk dibawa-bawa naik turun bis. Biasanya mereka bikin sendiri kreasi kotak tersebut, menyesuaikan ukuran tubuh mereka. Jangan sampai orangnya kecil tapi bawaannya kotak yang besar.
Salah satu padagang asongan di daerah Ciputat, mengaku sudah 2 tahun lebih menekuni profesi ini. Sehari lumayan lah, tisu jualannya bisa habis minimal 5 bungkus. Ditambah permen dan jualannya yang lain. Jam kerjanya dari pagi sampai malam, menemani mobilitas warga yang hilir mudik dalam kemacetan di Jl. Dewi Sartika, Ciputat, yang memang sudah kondang banget macetnya. Bisa dibilang, dia hidup dari bisnis kemacetan hehehe... pedagang asongan umumnya memang muncul di kawasan yang banyak terjadi perhentian kendaraan. Lihat saja di sekitar lampu merah, halte bis, bahkan pintu tol, dan tentu saja : kawasan rawan macet macam Pasar Ciputat itu. Larislah berbagai jajanan menemani para pengemudi dan penumpangnya, lumayan buat ngurangi sebel, bisa makan permen.
”Mau beli hexos, mbak?” tanyanya. Ih, tau aja sih permen yang sering saya beli ?
”Ah, kebetulan pak, tisu saya habis, beli satu dong.”