Wednesday, March 09, 2005

Belajar Nyopir Mobil

Ada sebuah program besar yang saya anggap belum sukses, yaitu mengajari adik saya menyetir mobil. Heheh.. boleh tertawa, tapi coba deh, pernah punya pengalaman ngga sih menjadi instruktur belajar nyetir? Susah susah gampang !

Tugas ini sebenarnya berawal dari kepindahan saya dari kota kelahiran Yogyakarta tercinta. Jabatan ’sopir pribadi’ buat Bapak Ibu terpaksa saya lepas, dengan konsekuensi…cari penggantinya toh. Kandidatnya yaa...siapa lagi kalau bukan 'urutan berikutnya' : Vierta (itu namanya). Hmmm... berarti sudah hampir 3 tahun loh program ini tersampir di pundak saya, tapi kok belum berhasil juga ya membuat adik saya itu jago nyetir.

Tapiiii...biar sudah dimodali dengan kursus nyetir (maksudnya biar lebih Pe-De gitu), trus udah dibuatin SIM A, eh...sampai sekarang masih belum berani juga bawa mobil sendiri. Sebenarnya ada dua hal soal berani tidaknya bawa mobil : yang pertama ada keberanian dari yang nyetir alias Pe-De apa engga bawa mobil, yang kedua ada kepercayaan dari yang punya mobil. Nah, kalo tidak pernah dilatih nyetir, yang punya mobil kan jadi kuatir kenapa-napa di jalan. Jadi suka dilarang-larang bawa mobil. Alhasil, yaaa... ngga pinter-pinter deh nyetirnya.

Salah satu solusinya, tampaknya saya harus lebih sering pulang kampung untuk jadi instruktur, hehehe... Soalnya adik saya itu masih belum berani latihan sendiri, kudu ditemani. Ditemani aja masih suka lupa membedakan gas ama rem, kan gawat tuh. Jadi, tiap pulang kampung, kalo ada kesempatan, sudah jatah saya nemenin dia bawa mobil. Terakhir kali, Vierta udah saya nyatakan lulus bawa mobil di traffic light, ngga lagi mati mesin ataupun panik. Lewat polisi tidur ngga nyendal. Keluar masuk garasi udah lancar. Yang belum bisa : parkir dan nyebrang jalan. Aduuh, padahal ini komponen penting kan. Masak mau jalaaan.. terus, ngga berhenti; beloknya ke kiriiiii... mlulu, aduuuh...

Ngebut itu paling gampang!” itu selalu saya bilang ke ’murid’ saya ini. Tentu saja, asal tahu yang mana gas, udah bisa ngebut. Itu sama sekali tidak menunjukkan kelihaian seseorang dalam menyetir. (Apalagi kalau ugal-ugalan, uh...kliatan banget deh baru bisanya, hehehe...) ”Yang susah itu, kamu bisa jalan pelan-pelan, misalnya baru ngantri di rel kereta, tapi mesin kamu ngga mati dan kamu ngga nabrak mobil di depanmu!”
”Oooo... gitu ya,” katanya sambil manggut-manggut.

Siapa ’guru’ nyetir saya? Terutama adalah Bapak saya. Wuih, kalo lagi ngajari, aduh banyak sekali aturannya dan uh, galak! Hehehe… Tapi, semua ‘undang-undang dasar’ yang dibuat Bapak saya itu, saya akui memang betul dan membangun kebiasaan untuk berkendara dengan aman. Di antaranya ini :

  • Pastikan duduk nyaman, majukan kursi supaya letak pedal gas, kopling dan rem terjangkau, dan betulkan posisi spion pas dengan kita
  • Kalau mau belok atau nyalip, harus pasang lampu sen sejak minimal 20 m sebelumnya
  • Wajib kontrol kendaraan di belakang dengan melihat spion tiap 30 detik (kira-kira), terlebih lagi jika mau belok/nyalip sangat wajib lihat spion
  • Bayangkan letak roda dan ukuran mobil, sehingga terbangun ’feeling’ ketika parkir, menyalip, ataupun melalui jalan sempit.

Nah, kalau jaman sekarang, ditambah aturan wajib pakai sabuk pengaman. Aturan dasar ini memang harus jadi kebiasaan, tapi soal ’feeling’, itu berhubungan dengan sering tidaknya pegang setir. Makin sering, makin sip feelingnya.

Oke, saya punya POP QUIZ (ini kuis dari kakak ipar saya loh). Sopir yang baik adalah sopir yang jarang menggunakan rem. Kenapa begitu??
Nah, nah, pertanyaan sederhana tetapi....
Untuk kenyamanan penumpang donk!” jawab saya seketika. Eh, saya ini sangat memperhatikan penumpang saya loh, kalo penumpang bisa tidur nyenyak ketika saya nyetir berarti dia percaya 100% pada kemampuan menyetir saya hehehe...
”Itu bukan alasan utama,” katanya geleng-geleng kepala.
Hemat kanvas rem!” seru saya.
”Iya betul, tapi itu bukan terpenting,” jawabnya sambil semyum-senyum. Wah apa ya ?
“Udah? Nyerah?”
“Iya deh! Apa jawabnya?”
“Sopir yang jarang mengerem, menunjukkan dia pandai menjaga jarak aman. Dia antisipatif terhadap kendaraan di sekitarnya. Tidak perlu mengerem, kurangi gas saja. Begitu loh!”
Hmmm...bener juga yaa... Jangan seperti sopir angkot, yang suka mengerem mendadak itu, hehehe...

Drive savely everybody....someone is waiting for you at home....

No comments: