Tuesday, July 12, 2005

Doktor Tertua…

Beliau adalah Bapak Dr. H. Ahmad Wasim Darwis, kami biasa memanggil beliau Pakdhe Wasim. Beliau baru saja wisuda Doktor pada tanggal 18 Juni 2005 yang lalu, setelah mempertahankan thesis beliau. Yang teristimewa adalah…usia beliau ketika wisuda, yaitu 79 tahun !!!
Dengar-dengar sih, rekor ini akan dicatat oleh MURI sebagai rekor Doktor Tertua di Indonesia. Well, terlepas dari MURI dan predikatnya, yang saya catat di sini adalah SEMANGAT beliau untuk terus belajar. Sebagai purnawirawan TNI, intelektual, mantan pengajar, sekaligus ulama, bagaimanapun semua terheran-heran mengetahui kabar bahwa Pakdhe mengambil sekolah Doktor.
“Pakdhe kan sudah sepuh (= tua, bahasa Jawa)”
“Buat apa lagi ya, kan sudah pensiun.”
”Pakai biaya sendiri lagi, ckckck...”
“Mbok ya sudah, santai saja melewati pensiun..”
Tapi, tentu saja, Pakdhe Wasim maju terus. Saya yakin, itu semua bukan demi karier atau pekerjaan. It’s beyond that. Itu demi ilmu pengetahuan, demi diri Beliau sendiri. Beliau melahap semua buku yang berhubungan dengan tesis beliau, mencari buku-buku yang diperlukan sampai ke ujung dunia sekalipun. Jangan tanya tentang perpustakaan pribadi beliau. Kamar saya saja kalah besar, dan koleksi buku saya barangkali tidak ada 5 %-nya.
Meski sidang beliau sempat tertunda-tunda, akhirnya kini secara resmi gelar Doktor telah tersandang dengan manis. Dan hawa manis itu menebar dalam semangat keluarga beliau pula : Budhe Wasim, kelima putra-putri, dan keenam cucu.
Selamat buat Pakdhe Wasim, Pakdhe akan selalu jadi penyemangat saya untuk terus belajar setiap hari, bahwa menuntut ilmu itu tidak terbatas ruang dan waktu, serta memupuk keyakinan dan semangat bahwa suatu hari nanti, saatnya akan tiba buat saya :)

No comments: